7 Tanda Anda Berbakat Jadi Pengusaha Sukses

entrepreneur-quotes-6

Menjadi pengusaha yang sukses termasuk dalam daftar impian banyak orang, mungkin termasuk juga Anda. Dengan menjadi pengusaha, Anda bisa membuka lowongan kerja untuk orang lain, plus mampu untuk menentukan arah tujuan usaha Anda ke depan. Makin keras Anda bekerja dan berhasil, maka makin banyak juga keuntungan yang Anda dapatkan.

Sayangnya jumlah pengusa

ha yang ada di Indonesia masih jauh dari jumlah ideal yaitu hanya 1,65 % dari total jumlah penduduk. Idealnya standar atau

minimal jumlah pengusaha yang ada pada sebuah negara adalah 2,5%. Indonesia bahkan kalah jauh dibanding negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang memiliki 4 persen jumlah pengusaha dari seluruh penduduknya.

Menjadi pengusaha memang tidak mudah, selain keinginan yang keras dan usaha yang gigih, Anda juga harus memiliki bakat. Nah, berikut tujuh bakat yang menandakan Anda bisa menjadi pengusaha yang sukses:

1. Mau Belajar dan Senang Mendengarkan

Mau belajar dan mendengarkan pendapat dari orang lain adalah sifat yang dimiliki seorang pengusaha. Ilmu dan pengalaman orang lain itu bisa menjadi bekal ilmu saat usaha Anda menghadapi suatu masalah. Bukankah guru terbaik adalah sebuah pengalaman?

Dengan senang belajar dan mau mendengarkan, Anda bisa mendapatkan ide untuk kemajuan usaha Anda.

 

2. Selalu Membuat Perencanaan Sebelumnya

Pengusaha sukses selalu membuat perencanaan setiap akan melakukan sesuatu. Perencanaan dianggap penting agar semua langkah yang diambil

tepat sasaran dan hasil yang didapatkan juga memuaskan. Perencanaan juga membuat Anda bisa meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Baca Juga, Bagaimana Dahsyatnya Sebuah Mentor
3. Bisa Mengatur Uang

Anda berbakat menjadi pengusaha bila mampu

mengatur keuangan pribadi dan jarang mengalami kesulitan keuangan meskipun gaji Anda tidak besar. Anda tahu bahwa mendapatkan uang tidak gampang sehingga mencoba mengaturnya dengan bijaksana dan selalu menhargai uang yang Anda dapatkan meskipun nilainya kecil.

4. Dapat Meyakinkan Orang Lain

Anda mampu membuat orang percaya dengan tawaran dan presentasi yang Anda lakukan.

Cara Anda bicara dan menjelaskan bisa membuat orang terpengaruh dan akhirnya mengerjakan apa yang Anda kehendaki. Orang yakin Anda seorang yang ahli dan tidak mungkin rugi bila berbisnis dengan Anda.

Baca Juga : Ijazah mulai tidak penting Untuk melamar pekerjaan disini
5. Mampu Bernegosiasi

Bila Anda kebetulan belanja ke suatu tempat, dan Anda bisa mendapatkan barang dengan harga murah dan jumlah yang banyak, itu berarti Anda berbakat jadi pengusaha karena mampu bernegosiasi dengan penjualnya.

Kemampuan yang satu ini sangat penting untuk calon pengusaha. Anda harus bertemu klien atau supplier, dan harus mampu melakukan negosiasi dengan harga yang menguntungkan.


6. Punya Banyak Ide

Anda tidak pernah kehilanga

n ide meskipun saat kepepet sekali pun. Tidak heran Anda bisa bertahan dan maju dengan ide-ide segar tersebut. Kalau Anda termasuk mereka yang selalu punya ide cemerlang, mungkin menjadi pengusaha cocok untuk Anda.

Pengusaha yang sukses selalu memiliki ide baru untuk membuat perusahaannya berkembang. Bahkan mereka bisa melihat ada sisi terang yang bisa menguntungkan, padahal kondisi usaha mereka sedang bermasalah.

 

7. Pekerja Keras

Suka bekerja keras dan tidak gampang menyerah, merupakan tanda kalau Anda bisa mengambil profesi pengusaha untuk karir ke depan. Kedua hal ini adalah sangat penting dimiliki seorang pengusaha karena keberhasilan tidak bisa didapat dengan mudah. Banyak pengusaha yang harus banting tulang dan jatuh be

rkali-kali terlebih dahulu sebelum akhirnya sukses seperti sekarang ini.

Apakah Anda punya ciri-ciri tadi?

 

sumber :

http://www.qerja.com/journal/view/495-tujuh-tanda-anda-berbakat-jadi-pengusaha

1 thought on “7 Tanda Anda Berbakat Jadi Pengusaha Sukses”

  1. Ada faktor-faktor yang menyebabkan suatu negara bisa menghasilkan banyak pengusaha. Diantaranya yaitu; insentif sebagai pengusaha diperbesar, seperti kemudahan membuka badan usaha, fasilitas kredit usaha dengan bunga ringan, hingga keringanan pajak. Dan yang lebih penting lagi adalah ‘pembunuhan’ pungli oleh para aparat.

    Sosiolog David McClelland berpendapat,”Suatu negara bisa menjadi makmur bila ada entrepreneur (pengusaha) sedikitnya 2% dari jumlah penduduknya”.

    Jumlah pengusaha di Indonesia, harus diakui masih tertinggal jauh dibanding negara-negaa ASEAN lainnya. Di mana pengusaha terbanyak terdapat di Singapura, kemudian Malaysia

    Bandingkan dengan negara tetangga Singapore, mereka memiliki 7% populasi penduduknya sebagai pengusaha. Alhasil mereka kekurangan tenaga kerja dan mengimport dari luar.

    @February 02,2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *